22.04.00

Dari Kanan: Anton Widyanto, M.Ag, Ed.S (Moderator), Dr. H. Muhibbuthabry, M.Ag (Pembicara/Dekan Fak. Tarbiyah IAIN Ar-Raniry), Prof. Dr. Warul Walidin AK, MA (Ketua MPD Aceh), Hazrullah, M.Pd (Notulen)
















Pada tanggal 19 Februari 2011, Tim Pelaksana Dual Mode System Fak. Tarbiyah Banda Aceh, mengadakan sebuah gebrakan dalam bentuk Seminar Nasional yang bertema Arah dan Kebijakan Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Di Indonesia. Seminar Nasional ini mendatangkan pembicara dari Jakarta yaitu Dr. H. Imam Tolkhah, MA (Dirjen Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI) dan Drs. H. Mahmud, MM (Kasubdit Beasiswa Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI) serta dari Aceh yaitu Prof. Dr. Warul Walidin AK MA (Ketua Majelis Pendidikan Daerah Aceh) dan Dr. H. Muhibbuthabry, M.Ag (Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry).
Rektor IAIN Ar-Raniry, Prof. Dr. Farid Wajdi Ibrahim, MA sedang memberikan kata sambutan
 
Acara ini dibuka langsung oleh Rektor IAIN Ar-Raniry, Prof. Dr. Farid Wajdi Ibrahim, MA. Turut hadir pada acara ini Kepala Biro AUAK, Drs. Muhsin Ismail dan Kepala Biro Akademik IAIN Ar-Raniry, Drs. M. Nasir, M.Hum, mahasiswa Dual Mode System dari Banda Aceh, Calang, Bener Meriah, Nagan Raya dan Kutacane serta mahasiswa baru program S-1 reguler khusus yang berasal dari Aceh Tamiang, Aceh Jaya, Bener Meriah dan Banda Aceh, ditambah undangan-undangan lain.Total keseluruhan peserta adalah 170 orang.
Ketua Program DMS, Dr. Ismail Muhammad, MA sedang menyampaikan kata sambutan
Dalam sambutannya, Rektor IAIN Ar-Raniry menekankan pentingnya peran guru Agama Islam dalam dunia pendidikan kontemporer yang memiliki beragam masalah, khususnya terkait dengan pendidikan karakter dan pendidikan akhlak. Hal ini juga menjadi aspek yang ditekankan oleh  Ketua Tim Pelaksana Dual Mode System Fak. Tarbiyah IAIN, Dr. Ismail Muhammad, MA. Pada dasarnya para guru Agama Islam di Aceh dituntut untuk meningkatkan kompetensi mereka. Karena itu melalui program Peningkatan Kualifikasi Sarjana (S-1) baik yang melalui program Dual Mode System ataupun program S-1 reguler khusus, mereka sangat diharapkan untuk bisa fokus dan serius. Hal ini mengingat bahwa mereka merupakan pemain-pemain penting di daerah-daerah Aceh (Atn)    

0 Responses to "Seminar Nasional"

Posting Komentar

  • Susunan Tim Pelaksana DMS IAIN Ar-Raniry

    Pengarah

    Prof. Dr. Farid Wajdi Ibrahim, MA

    Prof. Drs. Amirul Hadi, Ph.D, M.A

    Penanggung Jawab Umum

    Dr. H. Muhibbuthabry, M.Ag

    Penanggung Jawab Bidang Akademik

    Dr. Cut Aswar, MA

    Penanggung Jawab Bidang Keuangan

    Dr. Hj. Chairan M.Nur, M.Ag

    Plt. Ketua

    Anton Widyanto, M.Ag, Ed.S

    Wakil Ketua

    Drs. Sufriadi, M.Pd

    Sekretaris

    Heliati Fajriah, S.Ag, MA

    Bendahara

    Said Farzah, S.Pd.I, MM

    Wk. Bendahara

    Wan Sri Mahriana, SE

    Kabid Akademik

    Jamaluddin Thayyib, MA

    Anggota

    Erlina Mutia, A.Ma

    Musa Al-Fadhil, S.Pd.I

    Wahyu Nasti, S.Pd.I



    Selamat Datang!

    Selamat datang di blog Dual Mode System (DMS) Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry Banda Aceh. Program peningkatan kualifikasi sarjana (S1) bagi guru
    Madrasah MI dan guru PAI pada sekolah adalah suatu program penyelenggaraan pendidikan yang secara khusus diperuntukkanbagi guru dalam jabatan di lingkungan Kementerian AgamaRepublik Indonesia.
    Program ini dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI), yang dalam proses perkuliahannya menggunakan pendekatan dual mode system melalui pengintegrasian sistem pembelajaran konvensional (tatap muka
    di kampus) dan sistem pembelajaran mandiri.
    Program ini mengarahkan lulusannya untuk memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi
    profesional, dan kompetensi sosial.

    Struktur kurikulum program ini terdiri atas kelompok Mata Kuliah Dasar, Mata Kuliah Utama, dan Mata Kuliah lainnya,dengan keseluruhan sks yang harus ditempuh sejumlah 144 sks dengan rincian 80% (116 sks) kurikulum inti dan 20% (28 sks) kurikulum lokal. Kurikulum inti ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, sedangkan kurikulum lokal ditetapkan oleh PTAI yang ditunjuk sebagai penyelenggara oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

    Profil Dual Mode System B. Aceh

    Foto Saya
    Dual Mode System Ar-Raniry Banda Aceh
    Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam, Indonesia
    Lihat profil lengkapku